Langsung ke konten utama

Unggulan

Supervisi Pendidikan

Pentingnya Pengembangan Sumber Daya Guru dengan Supervisi Di abad sekarang ini, yaitu era globalisasi dimana semuanya serba digital, akses informasi sangat cepat dan persaingan hidup semakin ketat, semua bangsa berusaha untuk meningkatkan sumber daya manusia. Hanya manusia yang mempunyai sumber daya unggul dapat bersaing dan mempertahankan diri dari dampak persaingan global yang ketat. Termasuk sumber daya pendidikan. Yang termasuk dalam sumber daya pendidikan yaitu ketenagaan, dana dan sarana dan prasarana.[3]Guru merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tataran institusional dan eksperiensial, sehingga upaya meningkatkan mutu pendidikan harus dimulai dari aspek "guru" dan tenaga kependidikan lainnya yang menyangkut kualitas keprofesionalannya maupun kesejahteraan dalam satu manajemen pendidikan yang professional. Ada dua metafora untuk menggambarkan pentingnya pengembangan sumber daya guru. Pertama, jabatan guru diumpamakan dengan sumber air. Sumb

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)


Banyak sekali yang mendengar istilah Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan banyak yang ingin tahu apa artinya dan apa manfaatnya. Program MBS ini akan diterapkan di 20 sekolah SD-MI dan SLTP-MTs di setiap kabupaten program MBE. Harapan kami, apabila program ini berhasil dapat disebarluaskan ke semua sekolah di kabupaten masing-masing.

Mengapa MBS? Tujuan utama Manjemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah peningkatan mutu pendidikan. Dengan adanya MBS sekolah dan masyarakat tidak perlu lagi menunggu perintah dari atas. Mereka dapat mengembangkan suatu visi pendidikan yang sesuai dengan keadaan setempat dan melaksanakan visi tersebut secara mandiri.

 Apa itu Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)?
1.  Dalam rangka Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) alokasi dana kepada sekolah menjadi lebih      besar dan sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan sekolah sendiri.

2.   Sekolah lebih bertanggung jawab terhadap perawatan, kebersihan, dan penggunaan fasilitas   sekolah,      termasuk pengadaan buku dan bahan belajar. Hal tersebut pada akhirnya akan meningkatkan mutu      kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di kelas.

3.  Sekolah membuat perencanaan sendiri dan mengambil inisiatif sendiri untuk meningkatkan mutu      pendidikan dengan melibatkan masyarakat sekitarnya dalam proses tersebut.

4.  Kepala sekolah dan guru dapat bekerja lebih profesional dalam memberikan pendidikan yang sesuai      dengan kebutuhan anak di sekolahnya.

Komponen Manajemen Berbasis Sekolah  Tujuan Program MBS adalah meningkatkan mutu pembelajaran. Program ini terdiri atas tiga komponen, yaitu:
a. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
b. Peran Serta Masyarakat (PSM), dan c. Peningkatan Mutu Kegiatan Belajar Mengajar melalui Penginkatan Mutu Pembelajaran yang disebut     Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) di SD-MI, dan Pembelajaran     Kontekstual di SLTP-MTs. 






Kegiatan Program MBS
Kegiatan program MBS yang dilakukan di daerah meliputi hal-hal berikut:
1. Pelatihan tim pelatih tingkat kabupaten
2. Pelatihan sekolah dan masyarakat (kepala sekolah, guru dan masyarakat)
3. Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS) dan RAPBS oleh sekolah    dan     masyarakat
4. Pelatihan untuk guru, termasuk pendampingan langsung di kelas oleh pelatih

Dana Operasional Sekolah
MBS perlu ditunjang dengan dana operasional sekolah, agar rencana yang dibuat oleh sekolah dan masyarakat dapat dilaksanakan. Saat ini dana yang diterima sekolah dari APBD pada umumnya sangat minim. Sekolah lebih banyak menerima dana dari Komite Sekolah. Jumlah dana dari APBD yang diberikan kepada sekolah secara langsung sangat perlu ditingkatkan.    
Tujuan Program MBS adalah peningkatan mutu pembelajaran.




Dampak MBS bagi Sekolah?
1.   MBS menciptakan rasa tanggung jawab melalui administrasi sekolah yang lebih terbuka. Kepala sekolah, guru, dan anggota masyarakat bekerja sama dengan baik untuk membuat Rencana Pengembangan Sekolah. Sekolah memajangkan anggaran sekolah dan perhitungan dana secara terbuka pada papan sekolah.

2.   Keterbukaan ini telah meningkatkan kepercayaan, motivasi, serta dukungan orang tua dan masyarakat terhadap sekolah. Banyak sekolah yang melaporkan kenaikan sumbangan orang tua untuk menunjang sekolah.

3.   Pelaksanaan PAKEM (Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) atau Pembelajaran Kontekstual dalam MBS, mengakibatkan peningkatan kehadiran anak di sekolah, karena mereka senang belajar. 


Sumber Acuan :
homepage : http://mbeproject.net/mbs.html
judul : Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Komentar

Postingan Populer